Kelompok 9 KSI Lanjut:
Achmad Mahara Fauzy
Djuriatun
Eka Listiana
Septian Firdaus
Informasi Bagi Manajer
Dalam menjalankan fungsinya, manajer sangat membutuhkan informasi untuk membuat keputusan, mengelola kompleksitas hubungan antara organisasi dan lingkungannya, serta menjadikannya sebagai dasar pengendalian.
Tantangan Manajer
Terdapat tiga tantangan yang saling berhubungan yang dihadapi para manajer ketika berhubungan dengan perubahan dunia yang sangat cepat, yaitu :
• Perlunya memiliki visi
• Perlunya etika
• Perlunya kepekaan untuk menanggapi keanekaragaman budaya.
Memasuki Lingkungan SI
Sejumlah alasan rasional dihimpun untuk meyakinkan perlunya segera
mempersiapkan diri memasuki lingkungan SI berbasis TI, antara lain :
• Menjadi partisipan aktif dalam revolusi informasi
• Meningkatkan kualitas SI
• Memperbaiki proses pembuatan keputusan
• Meningkatkan produktivitas
• Kesempatan berkarir lebih besar.
Sistem informasi bukan sekedar otomatisasi, dikarenakan hal-hal berikut :
- Diperlukan untuk mengelola data yang mengalir didalam dan diluar lingkungan perusahaan.
- Perancangan sistem yang tepat dapat menentukan validitas dari berbagai sumber data.
- Diperlukan untuk mendukung produktivitas para pengelola dan staf perusahaan
- Memiliki sistematika yang jelas ringkas, dan sederhana.
- Memiliki keunggulan kompetitif serta singkatnya prosedur
Pengumpulan data à input à pengolahan data à output à distribusi
Pengolahan data disini termasuk :
- pencatatan (recording/ capturing)
- manipulasi data
- klasifikasi
- kalkulasi
- sorting
- merging
- summarizing
- storing
- retrieving.
Kualitas suatu informasi ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu :
• Keakuratan dan teruji kebenarannya
• Kesempurnaan informasi
• Tepat waktu
• Relevansi
• Mudah dan murah
Tingkatan SI , yaitu :
- Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing Systems – TPS) : untuk pemrosesan transaksi
- Sistem Informasi Manajemen (SIM) : mengelola informasi untuk manajer dalam pengambilan keputusan
- SPK : perkembangan SIM dengan prosedur khusus untuk membantu manajer mendapat pemodelan alternatif
- SI e-business : untuk mengintegrasi informasi bisnis dengan cepat melalui jaringan internet
- SI Tradisional : Pengelolaannya dan pengoperasian secara manual atau semi-manual tanpa penggunaan komputer.
- SI Komputer : Pengelolaannya dan pengoperasian dengan menggunakan Komputer personal.
- SI Jaringan Perkantoran : Pengelolaannya dan pengoperasian dengan komputer dan komputer yang satu dengan yang lain dapat terhubung dalam ruang lingkup tertentu yg lebih kecil seperti LAN(local Area Network).
- SI Lintas Platform : Perkembangan dari SI Komputer jaringan Perkantoran yang lebih luas, dan penggunaan akan fasilitas Internet.
SI telah menjadi strategi bisnis yang sangat hebat. Penerapan SI di hampir semua bidang usaha bisnis merupakan salah satu strategi untuk menjawab tekanan-tekanan yang dialami oleh perusahaan.
Manfaat yang dapat dipetik oleh perusahaan dengan pembangunan SI, antara lain :
1. Integrasi data dan informasi
2. Sistem pengorganisasian data memungkinkan sistem bebas redudansi data
3. Meningkatkan kecepatan dan keakuratan penyusunan laporan manajerial
4. Meningkatkan kualitas produk dan kecepatan layanan konsumen
5. Meningkatkan citra perusahaan
Tahap Pembentukan SI
Membentuk SI korporasi tidak mudah dan memerlukan beberapa tahapan, meliputi :
- Membangun sistem pemrosesan transaksi melalui pembangunan kantor elektronik seoptimal mungkin
- Membangun SIM berbasis jaringan komputer yang akan mengolah DB perusahaan, menghasilkan laporan-laporan dan grafik-grafik serta mendistribusikan kepada pihak pengambil keputusan dalam perusahaan dengan tepat waktu dan akurat. SIM ini akan menyehatkan aliran informasi di dalam perusahaan
- Membangun SPK untuk mengolah DB, untuk membantu para pimpinan dalam menentukan alternatif keputusan manajerial.
- Mengembangkan SI yang bersifat lintas platform, yaitu SI yang mampu menjembatani perbedaan antar platform SI bisnis yang akan bergabung satu sama lain.
Klasifikasi yang umum dipakai antara lain didasarkan pada :
- Level organisasi
- Area fungsional
- Dukungan yang diberikan,
- Klasifikasi menurut aktivitas manajemen, dan
- Arsitektur SI.
Dikelompokkan menjadi :
- SI departemen, digunakan dalam sebuah departemen. Misal : departemen SDM yang memiliki sejumlah program/ aplikasi.
- SI perusahaan, dipakai oleh sejumlah departemen secara bersama. Misal : SI PT mengintegrasikan bagian pengajaran, keuangan dan kemahasiswaan.
- SI antar organisasi, jenis SI yang menghubungkan dua organisasi atau lebih.
B. Klasifikasi SI Area Fungsional
Area Fungsional | Tugas | Keterangan |
Penjualan dan pemasaran - MKIS | Menangani penjualan dan pemasaran produk/ jasa yang dihasilkan perusahaan | SI yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi pemasaran. Misalnya berupa ringkasan perusahaan |
Manufaktur (produksi) - M/P IS | Menghasilkan produk | SI yang bekerja sama dengan SI lain untuk mendukung menajemen perusahaan (perencanaan maupun pengendalian) dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan. Misalnya berupa bahan mentah, profil vendor baru, dan jadual produksi |
Keuangan (FIS) | Mengelola aset keuangan perusahaan | SI yang menyedikan informasi pada fungsi keuangan (departemen atau bagian keuangan) yang menyangkut keuangan perusahaan. Misalnya berupa ringkasan arus kas (cash flow) dan informasi pembayaran |
Akuntansi (AIS) | Memelihara rekaman transaksi keuangan dalam perusahaan | SI yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi akuntansi,mencakup semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. |
SDM (HRIS) | Mengelola personalia perusahaan | SI yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi personalia. Misalnya informasi gaji, ringkasan pajak, dan tunjangan hingga kinerja pegawai. |
C. SI Berdasarkan Dukungan yang Tersedia
sistem | Fungsi | Pemakai/user |
TPS (gb.5.9 hal 111) | Menghinpun,menyimpan informasi transaksi | Org yg memproses transaksi |
MIS (gb. 5.11 hal 114) | Mengkonversi data yang berasal dari Semua level manajemen | Semua level manajemen |
DSS (gb. 5.13 hal 119) | Membantu pengambilan keputusan dengan menyediakan informasi. | Analis, manajer, profesional |
EIS (5.15 hal 122) | Menyediakan informasi yang mudah diakses dan bersifat interaktif. | Menajemen tingkat menengah dan atas |
ES (gb. 5.21 hal 128) | Menyediakan bidang tertentu untuk membantu pemecahan masalah | Orang yang hendak memecahkan masalah |
OAS | Menyediakan fasilitas untuk memproses Staf maupun manajer | Staf maupun manajer |
GSS (gb. 5.18 dan 5.19) | Menyediakan komunikasi melalui sarana/ infrastruktur teknologi | bekerja dalam suatu kelompok |
TPS – 1950an, MIS – 1960an, OAS – 1970an, DSS – 1970 s/d 1980an, ES – 1980an,
GSS dan ISS – 1990an
Menurut Ebert dan Griffin, 2003
1. SI Pengetahuan : SI yang mendukung aktivitas pekerja . Kategori ini : ES dan OAS
2. SI Operasional : beroperasi organisasi sehari-hari. Kategori ini : TPS, SIM, DSS.
3. SI Manajerial : menunjang kegiatan manajerial. Menyediakan (Turban, McLean dan Wetherbe, 1999) :
– Ringkasan statistik
– Laporan perkecualian
– Laporan periodis dan ad hoc report
4. SI strategis : digunakan untuk menangani masalah strategis dalam organisasi.
Dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :
• Sistem berbasis mainframe
• Sistem PC tunggal
• Sistem tersebar atau sistem komputasi jaringan
Sistem Informasi Geografis – sering disebut dengan
secara digital.
GIS digunakan untuk menangani data spasial atau data tentang keruangan, pemetaan.
GIS menggunakan konsep layer-lapis.
area yang sama dan selanjutnya semua lapisan bisa saling ditumpuk.
Sistem ERP (dibicarakan kemudian)
Merupakan aplikasi bisnis terintegrasi dan umumnya dapat dipakai untuk menangani
perencanaan kebutuhan material hingga penanganan SDM.
2 komentar:
Penjelasan yang sangat lengkap mengenai role seorang manajer untuk rekomendasi software ERP menurut saya yang terbaik adalah milik HashMicro
Perdagangan saat ini tentu harus mengikuti ranah teknologi karena semakin hari teknologi semakin besar. Sekarang sudah ada aplikasi dagang yang berguna untuk mengontrol barang dagangan kita. Kita juga dapat memantai penjualan melalui sales monitoring system. Hal ini membuat program penjualan online menjadi semakin meningkat. Selain itu, untuk meningkatkan pengelolaan pada pengiriman, Anda dapat menggunakan software penjualan distributor.
Posting Komentar